Cara Mudah Mengganti Seal CVT Motor Matic

Cara Mudah Mengganti Seal CVT Motor Matic – Motor matic merupakan motor yang sangat simpel karena motor jenis ini menggunakan sebuah teknologi Continuously Variable Transmission atau (CVT) yang penggerakan transmissinya secara otomatis. Sistem perangkat puli dan menggunakan sabuk baja yang berferan untuk penggerak trasmisi tersebut. Penerapan transmisi dengan model CVT dan cara kerjanya adalah melakukan perubahaan gigi dengan rasio, yang pergerakannya telah di sesuaikan putaraan mesin motor.

 

Untuk pengontrolan CVT di motor jenis matic memang lah harus di maksimalkan misalnya di 6 bulan sekali atau 6000 Km sekali kita harus men cek bagian CVTnya supaya tidak jadi cepat aus sert akselerasinya tetap terjaga. Nah kalo masalah tersebut terjadi iyani komponen mengalami aus apa boleh buat kita harus mengganti bagian komponen yang mengalami aus, lalu bagai mana cara memperbaikinya? Nah, saya di sini akan menjelaskan cara memperbaikinya yang ada di bawah sini.

Cara Mudah Mengganti Seal CVT Motor Matic

Cara Mudah Mengganti Seal CVT Motor Matic :

  • Pertama buka cover CVT menggunakan kunci shock 8.
  • Lalu buka pulley primer menggunakan kunci shock 22 lalu tahan bagian pulley menggunakan baut.
  • Berikutnya lepaskan face drive serta face comp. terus anda bisa membuka mur drive pulley, gunakanlah kunci shock 19, lalu alat penahan pulleynya.
  • Selanjutnya buka outer comp clutch dan mengendorkan mur kopling tapi jangan sampai terlepas, kendorka terlebih dahulu menggunakan kunci mur kopling ukuran 39 serta tahan menggunakan alat tahan untuk pulley.
  • Lepaskan bagian pulley sekender serta belt lalu tahan pada per kopling dengan mekakai alat penahan khusus untuk per kompling.
  • Sesudah itu bukalah mur kopling yang tadi menggunakan tangan terbuka dengan tanpa memakai kunci, karena bagian tersebut telah di kendorkan di cara sebeleumnya.
  • Jika semua komponen CVT telah di buka, lalu yang perlu anda lakukan bersihkan lah satu demi satu,tapi untuk permukaan pulley yang di dekat dengan bel, rumah kopling, serta kopling tidak usah di bersihkan menggunakan bensin, bersihkan menggunakan kain lap atau menggunakan tekanan angina.
  • Nah untuk bagian komponen yang telah aus lebih baik langsung di ganti saja dengan yang baru, agar performa mesin menjadi normal dan mantap.

 

Merawat motor memang lah hal yang sangat wajib, karena jika motor hanya di pakai saja dan tanpa ada perhatian khsusu, kemungkinan besar motor akan terus bermasalah. Nah itu lah ulasan dari saya mengani cara mudah mengganti seal cvt motor matic, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Cara Mudah Mengganti Seal CVT Motor Matic | sahrul | 4.5