Cara Mengganti Minyak Rem Mobil dengan Baik dan Benar

Cara Mengganti Minyak Rem Mobil dengan Baik dan Benar – Pada setiap kendaraan bermotor memang telah di lengkapi dengan rem, dengan terdapatnya rem tentunya kita bisa bebas untuk bisa menghentikan mobil ketika ingin berhenti. Beragam macam komponen sistem rem yang bekerja satu sama lain dengan saling berhubungan dengan komponen lainnya dan salah satunya minyak rem. Minyak rem adalah sebuah cairan khusus yang bersift tidak bisa larut pada air.

Minyak rem sangatlah penting karena memiliki peran untuk sistem pengereman, dengan adanya minyak rem memiliki manfaat untuk pelumas pada komponen logam di mana saling bergesekan untuk bisa menghentikan laju dari kendaraan tersebut, agar logam yang yang saling bergesekan tersebut tidak jadi cepat aus, tahan panas, dan tak berubah bentuknya ketika suhu sedang tinggi. Tidak hanya itu saja, minyak rem juga memiliki peran yang penting untuk mengontrol kecepatan ketika berkendara, untuk menahan di saat mobil sedang parker, serta berhenti di saat mobil di jalan menjak dan menurun.

Cara Mengganti Minyak Rem Mobil dengan Baik dan Benar

Nah jika minyak rem terdapat masalah, akan timbul masalah di proses pengereman serta part-part yang terdapat pada kendaraan juga akan lebih mudah rusak serta aus. Nah untuk solusinya cukup mudah iyani anda hanya perlu mengganti minyak rem mobil dengan yang baru, nah pada kali ini saya akan memberikan ulasan tentang cara mengganti minyak rem baik dan benar, dan berikut adalah ulasanya.

 

Cara Mengganti Minyak Rem Mobil :

  1. Untuk langkah pertama anda bisa membuka terlebih dulu tutup reservoir ataupun tabung cadangan.
  2. Berikutnya anda bisa mengendorkan baut nipel di caliper.
  3. Selanjutnya letakan sebuah wadah di bawah tuk menampung minyak rem tersebut.
  4. Nah setelah di rasa minyak rem sudah terkuras habis, anda bisa mengencangkan kembali baut tersebut.
  5. Lalu isikan minyak rem baru anda beli.
  6. Jika telah di lakukan proses bleeding maka buatlah membuang udara pada dalam sistem.
  7. Proses bleeding iyani  di lakukan dengan menekan pedal rem sampai berulang kali lalu di tahan.
  8. Dengan keadaan pada pedal rem yang di tahan, anda bisa mengendorkan baut nepel sampai udara bisa keluar.
  9. Sesudah itu terus lakukanlah proses ini sampai berulang hingga tak terjamin ada gelembung udara lagi.
  10. Dan selesai.

 

Demikian saja ulasan dari saya tentang Cara Mengganti Minyak Rem Mobil, nah jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf, dan semoga artikel yang saya buat ini bisa bermanfaat juga untuk anda, akhir kata dari saya sekian dan terima kasih.

Cara Mengganti Minyak Rem Mobil dengan Baik dan Benar | sahrul | 4.5