Cara Membersihkan Karburator Motor dengan Benar

Cara Membersihkan Karburator Motor dengan Benar – Karburator adalah sebuha komponen yang di mana memiliki fungsi sangat penting untuk kendaraan salah satunya kendaraan motor. Untuk fungsi dari karburator tersebut iyani trempat menyatukan udara dan juga bahan bakar lalu di salurkan pada ruang pembakaran. Nah oleh karena itulah komponen ini sangat penting untuk di jaga dari gangguan lain seperti zat atau bahan lain ketika masuk ke bagian ini, dan jika ada ganguan seperti air masuk ke dalam karburator tententunya karburator tidak akan berjalan dengan baik dan bahkan motor pun akan mati.

Nah untuk anda yang belum tau tentang cara merawat komponen ini anda tak perlu khawatir karena saya di sini akan membagikan ulasan tentang cara membersihkan karburator motor dengan benar dan baik. Dengan melakukan perawatan dengan cara membersihkan komponen ini memang menjadi hal yang wajib untuk meningkatkan performa mesin tersebut, dan jika komponen ini sudah lama tak di bersihkan tentunya bisa berpengaruh juga pada performa mesin. Baik kita langsung saja ke bagikan cara-caranya yang ada di bawah sini.

Cara Membersihkan Karburator Motor dengan Benar

Cara Membersihkan Karburator Motor :

 

Lepas Filter Karburator.

Langkah pertama untuk membersihkan karburator adalah lepas filter karburator yang tedapat di mulut karburator. Sesudah filter karburator terlepas, maka bersihkan filter karburator memakai cairan pembersih lalu keringkan lah filter karburator terlebih dahulu sebelum memasangnya lagi, atau anda juga bisa membersihkahkan kerak menempel di bagian filter karburator motor menggunakan kompresor tekanan udara rendah.

 

Melepas Karburator.

Berikutnya lepas baut-baut yang menempel di karburator, sedudah itu bersihkanlah karburator memakai kuas sampai kotoran yang menempel bisa terlepas, dan pakai semprotan udara bertekanan tinggi agar bisa menjangkau bagian dalam karburator.

 

Membersihkan Spuyer.

Untuk pada tahap ini anda harus lebih hati-hati lagi, karena jika terlalu buru-buru dan ceroboh ketika membersihkan spuyer bisa sangat beresiko, jika ukuran spuyer terbuah karena tidak hati-hati maka mesin motor tidak akan hibup, nah pakailah ampelas halus ketika ingin membersihkan kotoran yang menempel di spuyer motor.

 

Memasang Karburator.

Sesudah semua komponen karburator di bersihkan dan sudah bersih, maka pasang kembali bagian-bagian komponennya seperti semula. Nah sebelum menutup semua komponen karburator anda bisa mengatur ketinggian dari pelampung bensin, anda bisa memakai stigmat atau jangka sorong agar bisa mendapatkan sudut ketinggian yang pas di pelampung bensin karburator, setelah itu anda bisa langsung tutup karburatornya lalu bisa memasangkan lagi di motor anda.

 

Nah mungkin hanya itu saja ulasan yang bisa saya bagikan untuk anda, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, dan jika terdapat salah-salah kata saya mohon maaf, sekian dan terima kasih.

Cara Membersihkan Karburator Motor dengan Benar | sahrul | 4.5